BERSYUKUR MELALUI PENGORBANAN

Banyak orang yang bertanya Apa itu Aqiqah? Aqiqah adalah tradisi Islam memberi sedekah dengan mengorbankan hewan setelah kelahiran bayi baru, berbagi kegembiraan anggota keluarga baru Anda dengan keluarga miskin.

Aqiqah – Syukur melalui Pengorbanan

Aqiqah adalah tradisi Islam memberi sedekah dengan mengorbankan hewan setelah kelahiran bayi baru. Aqiqah dilakukan oleh orang tua/wali sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang dilimpahkan kepada anak, perlindungan dari syetan, penghapus dosa, dan pencegahan
musibah.

Apa tujuan dari Aqiqah?

Nabi Muhammad (saw) dan para sahabatnya biasa melakukan Aqiqah ketika mereka dikaruniai bayi yang baru lahir. Ada banyak manfaat dalam kinerja Aqiqah:

  • Kelahiran bayi diumumkan dalam keluarga dan masyarakat; dikaruniai seorang anak adalah anugrah yang luar biasa dari Sang Pencipta.
  • Menyambut bayi yang baru lahir ke keluarga lebih dari sekadar perayaan; anggota keluarga, kerabat, tetangga, dan teman diundang untuk merayakan kesempatan yang diberkati.
  • Orang miskin harus dimasukkan dalam perayaan dengan menawarkan mereka makanan dan daging yang disajikan pada kesempatan ini.

Apakah Aqiqah Wajib?

Meskipun Aqiqah tidak wajib, tetapi mengandung banyak manfaat dan orang tua Muslim yang memiliki sarana didorong untuk melakukannya. Rasulullah SAW bersabda, “Sembelihlah dua ekor domba yang sebanding untuk bayi laki-laki yang baru lahir dan satu domba untuk bayi perempuan.” Jika seseorang tidak mampu menyembelih dua ekor domba untuk bayi laki-laki yang baru lahir, maka diperbolehkan untuk menyembelih satu saja.

Kapan harus melakukan Aqiqah

Disarankan untuk mempersembahkan kurban Aqiqah pada hari ketujuh, keempat belas atau kedua puluh satu setelah melahirkan. Jika tidak memungkinkan, dapat dilakukan setiap hari sampai usia pubertas.

Hewan apa yang akan dikorbankan?

Syarat hewan aqiqah sama dengan syarat hewan qurban. Hewan yang akan disembelih harus kambing, domba, sapi atau unta. Untuk unta harus lebih dari 6 tahun, untuk sapi harus lebih dari 3 tahun dan untuk kambing harus lebih dari dua tahun. Mereka harus bebas dari segala bentuk cacat fisik seperti kebutaan, sakit, pincang dan kurang gizi. Hewan harus disembelih dengan cara yang manusiawi.

Di aqiqah jakarta, kami mengorbankan hewan Aqiqah sesuai syariah Islam. Kami memastikan bahwa:

  • Hewan yang dikorbankan sesuai syariah
  • Hewan diberi makan dengan baik dan dipelihara dalam kondisi sehat & manusiawi
  • Kebersihan tetap terjaga dalam penyembelihan dan pendistribusian daging

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *